Minggu, 21 Oktober 2007

5 Bahasa Bayi di Seluruh Dunia

Dalam acara Oprah Winfrey Show beberapa waktu lalu (sebenarnya udah agak lama sih), didatangkan seorang narasumber wanita yang aku lupa siapa namanya. yang jelas, dia adalah seorang Ibu rumah tangga biasa. semua bermula ketika lahir anak pertamanya. sebagai seorang Ibu baru, tentu dia kerepotan mengurus dan memahami apa yang bayinya inginkan ketika menangis atau mengeluarkan suara2 uniknya. setelah itu, dia melakukan penelitian terhadap bayi-bayi berusia 0-3 bulan di beberapa negara di dunia. hasilnya sungguh menakjubkan, ternyata bayi-bayi berusia 0-3 bulan memiliki 5 bahasa yang sama alias universal. sehingga para Ibu dapat mengetahui sebenarnya apa yang diinginkan sang bayi dengan penanganan yang tepat. berikut ini 5 bahasa bayi tersebut:

1. Neh = lapar, sebaiknya sang Ibu segera menyusui bayinya

2. Heh = tidak nyaman, hal ini bisa disebabkan karena ia kegerahan, gatal, atau popok yang basah dan belum diganti. sebaiknya sang Ibu segera mencari sumber masalah kenapa sang bayi merasakan ketidaknyaman ini dan segera memperbaikinya

3. Eh = bersendawa, bayi yang mengeluarkan bahasa "eh" berarti ia kesulitan untuk bersendawa, sabaiknya posisi sang bayi digendong dengan wajahnya menghadap ke belakang tubuh kita dan mengelus punggung bayi agar mudah bersendawa

4. Owh = ngantuk, Ibu sebaiknya meninabobokan bayi dengan tenang, kalau perlu lagu nina bobo diganti menjadi ayat Qur'an maupun dzikir. agar bayi tidur dengan tenang

5. Eir = "buang air"
Subhanallah, mereka baru saja lahir ke dunia. tapi bahasa mereka sama. Mereka gak janjian kan?!

1 komentar:

elfathrah mengatakan...

alhamdulillah...
terimakasih atas artikel bahasa bayi ini. sebenarnya waktu itu saya juga menonton tayangan oprah winfrey ini dan memang efektik ketika saya terapkan pada bayi pertama saya. sekarang saya sedang hamil bayi kedua dan lupa bahsa bayi yang dulu pernah saya terapkan alhamdulillah saya temukan di blog ini. terimakasih.